Rabu, 28 Februari 2018

Panduan Berjualan di Shopee untuk Pemula

Karena saya punya lapak di shopee dan sering share ke facebook, saya sering mendapat pertanyaan bagaimana cara jualan di shopee? hmmm daripada saya terus mengulang jawaban yang sama kepada beberapa orang berbeda mending saya tulis diblog jadi 1 artikel.

Perlu diketahui beberapa poin sebelum kita berjualan di Shopee adalah : kita harus punya barang alias nyetok. Jadi dropshiper gak bisa yaa ;) atau boleh juga gak nyetok barang tapi punya suplier yang dekat tempatnya, bisa cepat ambil barang kalau ada pesenan. karena di Shopee ada 2 pilihan masa tunggu kiriman yaitu 3 hari dan 7 hari (Pre Order) lebih dari aturan itu maka orderan akan tercancel dengan sendirinya. Jadi gak nerima alasan apapun sebagaimana kita jualan di fb dan lanjut chat watsapp.

Baiklah, tutorial sederhana yang akan saya tuliskan disini adalah cara jualan dengan aplikasi HP android ya. Bukan via PC atau komputer. 

Saya bagi dalam beberapa langkah sederhana. Semoga bisa difahami. 

1. Download aplikasi Shopee di Play Store.


2. Daftar akun (Register) sebagaimana daftar facebook. Pakai email dan simpan dan ingat-ingat paswordnya dengan hati-hati. Ini dibutuhkan untuk
keluar masuk login dan keamanan akun.

3. Mulai buka aplikasi dan ikuti panduannya, akan tampak halaman utama seperti di capture. Klik ikon akun bagian pojok kanan bawah, (simbol orang)





4. Nah, disitu kamu sudah bisa upload jualan. Klik bagian yang saya lingkari di capture.


5. Isi semua kolom yang disediakan oleh Shopee. Terutama deskripsi yang sesuai dengan kondisi barang dagangan kita. Bobot juga harus sesuai karena berhubungan dengan ongkos kirim paket yang harus dibayar pembeli. Dilebihkan beberapa gram untuk perhitungan bobot packing juga nantinya. Sesudah selesai  klik centang pojok kanan atas. 


6. Sukses Upload ??? lanjutkan dengan share tautan barangnya ke linimasa sosial media yang lain. FB, IG,Twitter dll. Klik pojok kanan atas (berupa 3 titik), nanti akan muncul ikon share. Klik disana ya..


Akan muncul berbagai pilihan linimasa sosial media yang bisa dipilih untuk tempat membagikan link postingan jualan kamu.  





Dan selesai... kamu sudah berhasil menjadi salah satu seller Shopee. Tambah terus postingan daganganmu dan rajin ngeshare. Semoga suksess ^^

InsyaAllah ke depannya ingin membuat postingan tentang cara daftar Free ongkir Shopee, cara belanja Shopee dan beberapa pengetahuan sederhana tentang Marketplace lain seperti Bukalapak dan Tokopedia. 

Hal yang bagi sebagian orang mudah terkadang begitu rumit bagi sebagian yang lain. Semoga postingan ini bisa membantu bagi orang-orang yang merasa rumit dengan marketplace. 

Oh ya barangkali mau mampir ke toko saya di Shopee. Silahkan bangeeet yaa ^^
klik saja disini : https://shopee.co.id/aris2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk, tinggalkan jejak untuk silaturrahmi dan diskusi yang bermanfaat :)